Jumat, 04 Februari 2011

PRESENTASI DI DEPAN TEMAN-TEMAN PUSTAKAWAN

Kejadian ini terjadi saat diminta presentasi evaluasi sumber informasi internet, tanggalnya berapa saya lupa…… Kesempatan ini diberikan oleh teman-teman pengurus FPPTI DIY dan kebetulan saya juga salah satu pengurus. Ada tiga pengurus yang diberikan kesempatan yang sama. Saya mengambil kesempatan ini sebagai latihan untuk berbicara di depan umum, selama ini saya hanya berbicara di depan teman-teman sendiri, baik teman-teman kantor ataupun teman-teman kuliah yang otomatis semuanya sudah saya kenal terlebih dahulu.
Kesempatan bagus untuk mengembangkan diri, pikir saya pada waktu itu. Materi sudah disiapkan oleh ibu ketua, tinggal saya pelajari lagi sekedar untuk refresh karena sebenarnya sudah berulangkali saya ikut pelatihan ini. Materi yang akan saya sampaikan adalah evaluasi sumber informasi. Berbagai rencana mulai saya pikirkan. Dalam pikiran saya, nanti saya akan berusaha tampil dengan baik. Saya berencana membuat power point yang bagus, contoh-contoh kasus yang menarik akan saya sampaikan, dll.
Rencana-rencana tersebut ternyata sejenak saya lupakan. Kesibukan mengerjakan tugas-tugas kuliah membuat saya lupa dan hari yang ditentukan pun tiba. Hanya satu malam saya berusaha mempersiapkan semuanya dan tentu saja hasilnya sangat tidak memuaskan.
Tiba saat hari untuk tampil, satu persatu peserta pelatihan datang. Sebagian peserta adalah teman-teman kuliah DIII dulu, dan salah satunya adalah pustakawan teladan. Kami yang harus tampil agak deg-degan juga dengan kehadiran teman yang satu ini. Menurut kami dia seharusnya menjadi fasilitator bukan menjadi peserta. Walaupun agak deg degan saya tampil juga meskipun tidak maksimal. Untuk mensiasati ketidaksiapan saya dan ketidak PDan terhadap teman pustakawan teladan ini saya berinisiatif melakukan diskusi setelah praktek penelusuran informasi. Diskusi ternyata tidak hanya menyelamatkan saya tetapi juga menambah wawasan bagi semua peserta. Pustakawan teladan tadi juga bisa memberikan tambahan wawasan da pengalaman bagi semua peserta.
Selesai tampil, saya diberi selamat oleh teman pustakawan teladan tadi. Dia bilang penampilan saya bagus, tetapi masih perlu diperbaiki. Tidak semua peserta pelatihan mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang sama, sehingga harus memberikan materi secara lebih detail dan mendalam dan ada beberapa materi yang harus ditambah. Nasehat teman saya ini sangat berarti bagi saya, jadi teringat dengan salah satu langkah literasi informasi yaitu “presentasi”. Ketika presentasi informasi pun banyak pelajaran yang diambil baik penampilan/gaya penyampaian saat menyampaikan informasi atau isi informasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar