Jumat, 04 Februari 2011

Perpustakaan Kota Yogyakarta

Sabtu 04 Desember 2010, saya menghadiri diskusi yang diadakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta. Diskusi interaktif ini mengambil tema “Menggagas Profesionalisme Pustakawan”. Disini saya tidak akan menceritakan bagaimana diskusi ini, karena saya rasa diskusi semacam ini sudah sering dilakukan. Saya justru tertarik dengan tuan rumah yang mengundang diskusi ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta.
Gedung perpustakaan ini bisa dibilang mungil, tetapi sungguh luar biasa kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya. Sebelum saya mengunjungi perpustakaan ini, sudah sering saya dengar kegiatan-kegiatan yang dilakukan di perpustakaan ini. Kegiatan tersebut diantaranya adalah membatik disaat liburan sekolah, lomba menulis artikel perpustakaan bagi pelajar, lomba ibu membaca cerita, bank buku, dll. Semua kegiatan ini saya ketahui dari iklan di radio. Lagi-lagi saya acungi jempol pada promosi yang dilakukan oleh perpustakaan ini.
Saat saya berkesempatan berkunjung di perpustakaan ini, mata saya sering melirik ke pengunjung perpustakaan ini. Mata saya menangkap beberapa anak kecil yang diajak orang tuanya, mahasiswa, pelajar, dan beberapa orang yang jika dilihat dari penampilannya bukan mahasiswa, bukan pelajar. Saya berguman, “Beginilah harusnya perpustakaan umum, pengunjungnya dari berbagai kalangan masyarakat”. Selama ini yang saya amati di beberapa perpustakaan umum pengunjungnya paling banyak adalah mahasiswa. Sebelum acara diskusi dimulai saya ngobrol dengan pustakawan perpustakaan ini. Beliau bercerita bahwa pengunjung memang banyak apalagi kalau siang hari, saat jam pulang sekolah. Halaman depan yang disediakan akses internet gratis juga penuh. Selesai acara, saya tidak langsung pulang. Saya minta izin ke petugas untuk akses internet di halaman depan. Petugas meminta saya untuk mengisikan nama di buku dan petugas memberi saya secarik kertas berisi login dan password. Login dan password ini berlaku untuk tiga jam kedepan dan saya bisa meminta kembali jika masih membutuhkan. Mulailah saya searching bahan untuk mengerjakan tugas kuliah. Selama saya searching, banyak pengunjung yang memanfaatkan layanan ini. Ada seorang ibu yang keluar dari perpustakaan yang membawa novel dan membacanya di samping saya. Ada anak SMU yang sepertinya pulang sekolah duduk di depan saya dan membaca buku pelajaran. Di seberang saya ada tiga mahasiswa yang baru datang dan mengisi formulir pendaftaran anggota perpustakaan. Ada serombongan anak SD naik sepeda melintas menuju parkiran, mereka masih memakai seragam sekolah. Saya pikir anak SD ini Cuma mau putar-putar naik sepeda, tetapi ternyata mereka masuk ke perpustakaan. Keluar dari perpustakaan anak-anak ini membawa buku. Luar biasa perpustakaan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.
Banyaknya pengunjung yang datang ke perpustakaan da memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan menunjukkan bahwa perpustakaan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Perpustakaan sebagai tempat untuk mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat. Banyak pelajaran berharga yang saya ambil dari perpustakaan ini, perpustakaan ini banyak melakukan kegiatan yang menarik minat masyarakat. Kegiatan ini dilakukan di perpustakaan dengan tujuan agar masyarakat mengunjungi dan dekat dengan perpustakaan. Perpustakaan ini juga banyak melakukan kegiatan yang mendukung minat baca dan tulis masyarakat. Kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme pustakawan tak luput dari perhatiannya. Promosi-promosi yang dilakukan oleh perpustakaan ini juga sangat menarik, mereka tidak hanya mengandalkan pengumuman yang dipasang di dinding pengumuman tetapi juga lewat media massa. Keramahan petugas juga merupakan hal yang tidak dilupakan di perpustakaan ini, sehingga pengunjung menjadi nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar