Sabtu, 12 Februari 2011

LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN SOCIAL NETWORKING

Sudah sering saya dengar dan lihat tentang pemanfaatan social networking di perpustakaan. Pernah juga saya mengusulkan penggunaan social networking ini untuk promosi di perpustakaan kami. Waktu itu saya hanya bilang promosi dengan cara ini menarik dan generasi mahasiswa sekarang suka sekali dengan social networking ini. Informasi tentang perpustakaan dapat kita update di media ini.
“Siapa yang mengusulkan harus berani melaksanakan usul itu”, demikian teman saya bilang pada saya sambil senyum-senyum. Akhirnya saya tahu dikemudian hari arti dari senyum-senyum teman saya itu. Saya diserahi tanggugjawab membuat promosi dan informasi di social networking. Sekarang saya jadi berfikir…bagaimana konsepnya, informasi apa saja yang nanti akan disampaikan. Sejauh ini saya berencana menggunakan dua social networking, yaitu twitter dan face book. Rencananya informasi yang ada di twitter dan face book sama, jadi tidak ada spesifikasi. Sekarang saya mulai berfikir bagaimana caranya agar mahasiswa di tempat kami banyak yang add face book atau follow twitter kami. Mensosialisasikan layanan di social network harus ditangani dengan baik.
Pada saat layanan ini diberlakukan, saya harus selalu siap untuk selalu meng-update berita dan informasi dikedua social networking itu. Perpustakaan harus selalu siap dengan jawaban dan action nyata terhadap kebutuhan dan keluhan pengguna perpustakaan yang disampaikan di kedua social networking ini. Jadi menurut saya, perpustakaan juga harus siap melakukan layanan terbaiknya, selalu memenuhi janjinya. Dapat saya bayangkan seandainya kita tidak melakukan layanan dengan baik ataupun tidak menepati janji maka tentu banyak tanggapan dan pertanyaan yang akan dilontarkan di kedua social networking ini. Mudah-mudahan rencana saya berjalan dengan lancar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar